Kumpulan Artikel Tutorial Blog

Blog Berisi Artikel dan Tutorial tentang Blog Operating sistem dan Smarphone

Sm. Powered by Blogger.

KUSTOMISASI APLIKASI ERP OPEN SOURCE OPENBRAVO UNTUK USAHA KECIL MENENGAH BAGIAN 6 TAMAT

Pelokalan Modul Openbravo ER
Fitur  modularitas  The  Openbravo ERP dari 2,50  dan   seterusnya memungkinkan   pelokalan      untuk membuat ekstensi modul terpisah yang dapat  dengan  mudah  dikembangkan dan berbagi  dengan  pengguna       lain melalui   repositori      Openbravo    pusat.
Sangat disarankan agar menggunakan modul untuk setiap upaya lokalisasi.
openbravo

Ada berbagai jenis modul lokalisasi. Berikut ini akan dijelaskan cara membuat terjemahan, grafik rekening dan modul acuan data standar. Berikut inibeberapa proses yang dilakukan dalam upaya pelokalan openbravo ERP:
Terjemahan: Terjemahan  modul tidak dapat menyertakan konten apapun selain dari terjemahan. Sebagai contoh kita tidak dapat membuat sebuah modul yang merupakan sebuah terjemahan dan bagan akun, tapi kita dapat membuat dua modul yang terpisah dan menggabungkan mereka sebagai satupaket. Modul terjemahan harus diterjemahkan dari bahasa Inggris ke hanya  satu  bahasa  lain. sebagai contoh kita tidak dapat menggunakan modul yang sama untukterjemahan bahasa Prancis dan Jerman.
·       Kode akun: Bagan akun mendefinisikan struktur akuntansi yang sesuai dengan aturan dan hukum daerah tertentu. Bagan rekening terdiri dari sebuah file berkekstensi csv.
·       Standar data referensi adalah data dari tabel aplikasi, misalnya untuk pajak dan alert. Karena itu kita dapat mengekspor data dari tabel dan mengubahnya menjadi  sebuah modul yang dapat di-upload ke repositori pusat atau dinyatakan bersama dengan pengguna lain.

Kita juga bisa menggabungkan modul untuk membuat paket pelokalan. Secara umum, ada tiga tahap untuk membuat modul:

·       Daftar: mendaftar modul cadangan nama paket java modul unik dalam repositori pusat.
·       Mengembangkan: menyelesaikan pekerjaan pembangunan menggunakan alat pilihan Anda.
·       Publish: mempublikasikan modul untuk repositori pusat sehingga pengguna lain
Penerjemahan (Translation)
Proses penerjemahan Openbravo kedalam bahasa Indonesia meliputi lima langkah:
(1)Membuat bahasa baru

(2)Menyalin  Terjemahan    bahasa dasar.
(3)Mengekspor   file    XML     untuk menerjemahkan.
(4)          Menerjemahkan file.

(5)Terakhir, mengimpor terjemahan baru ke dalam sistem.
Berikut ini penjelasan dari langkah- langkah tersebut:




Membuat bahasa baru Paket Bahasa

Struktur

Sebuah paket bahasa adalah sekumpulan file XML berisi terjemahan untuk bahasa yang diinginkan. Setiap file berisi terjemahan untuk satu tabel dalam database dan diberi nama yang sama dengan tabel yang berisi terjemahan yang sesuai. Paket bahasa inidisimpan dalam direktori server dengan bahasa  menggunakan konvensi bahasa dan negara (en_US misalnya, es_ES ...). Bahasa tersebut berada di dalam direktori lang dalam folder yang didefinisikan untuk menampung semua lampiran. Ini didefinisikan di file lokal build.xml (untuk versi 2.3x) atau file Openbravo.properties       (2.4x       dan seterusnya), yang diminta selama proses instalasi dan, secara default, disebut /attachments. Contoh dari path lengkap:    Spanish_Spain    could    be
/attachments/lang/es_ES


Struktur dari XML adalah sebagai berikut:
·  Sebuah tag yang berisi tabel dan nama-nama bahasa.
·  Untuk setiap baris dalam tabel akan ada tag baris dengan atribut id untuk identifikasi dan TRL baris yang akan Y atau N tergantung pada apakah atau tidak telah diterjemahkan.
·  Di dalam tag baris, ada tag nilai untuk setiap kolom dalam tabel. Tag initermasuk atribut kolom untuk nama kolom dan asli menandakan nilai untuk kolom dalam bahasa basis (Bahasa Inggris). Nilai untuk tagtersebut akan berisi teks terjemahan. Ini adalah teks yang harus diubah jika ingin membuat terjemahan

Penerjemahan menggunakanfile PO


PO (Portable Object) adalah format yang sangat populer untuk menyimpan dan menerjemahkan banyak aplikasi open source. Openbravo ERP menggunakan XML untuk  ekspor, impor  dan  menterjemahkan.  Namun,
file-file XML dapat dikonversi ke dalam


file PO yang lebih user friendly. File PO memiliki struktur yang sangat sederhana, seperti berikut:



#:AD_MENU_TRL_en_US.xml:1(value)
#:AD_MENU_TRL_en_US.xml: 1 (nilai) msgid "original text" msgstrteks "asli"
msgstr "translated text" msgstr


Untuk menerjemahkan Openbravo menggu-nakan file PO, perangkat lunak berikut ini:
·       Openbravo2PO yang  merupakan alat yang ditulis secara khusus untuk bekerja dengan Openbravo ERP file XML yang dihasilkan. Ini mengubah format file XML untuk format PO dan kembali ke format XML. Openbravo2PO juga dapat digunakanuntuk menggabungkan beberapa file PO dari jenis yang sama (tabel, elemen, bahasa) dalam satu file.
·       Java versi 1.5

·       Ant versi 1.7.0


Ekspor / Impor


Untuk ekspor atau impor bahasa, Andaharus login ke dalam aplikasi sebagai System Administrator dan pergi ke General Setup > Application > Import/Export Translations General Setup> Application> Impor / Ekspor Translations  (bahasa  harus  diaktifkan  dalam sistem yang pertama). Pilih salah satu bahasa yang didefinisikan sebagai System Language.
·       Ekspor: menciptakan direktori bahasa jika belum tersedia dan eksporfile untuk bahasa yang dipilih ke direktori.
·       Impor: membaca file dari direktori bahasa yang dipilih dan impor mereka ke dalam tabel aplikasi database.


Bahas yang dikehendaki XMLfile yang berada di direktori berikut:attachments/lang/en_US .
·       Lokasi folder lampiran dikonfigurasi dalam properti attach.path di file lokal build.xml Anda(untuk versi 2.3x) atau file Openbravo.properties (untuk 2.4x dan seterusnya).
·       en_US harus diganti dengan kode untuk bahasa Indonesia.


Kesimpulan


Pengembangan Open Source Software (OSS) bisa menjadi salah satu solusi untuk menghindari pembajakan terhadap proprietary software, selain itu menguntungkan secara ekonomi. Karena tidak dibutuhkan biaya yang tinggi untuk membeli sebuah software. Pelokalan dan  kustomisasi  OSS  menjadi  salah
satu   proses   paling   penting   dalam


pengembangan OSS. Keberhasilan dalam pelokalan dan kustomisasi bisa mendorong pemanfaatan OSS menjadi lebih massif dan optimal. Pelokalan Openbravo ERP ini menjadi salah satu upaya untuk mencapai tujuan tersebut. Openbravo ERP yang sudah disesuaikan dengan kebutuhan UKM di Indonesia akan lebih mudah digunakan. Sehingga UKM bisa menerapkan ERP dengan lebih sederhana untuk tetap kompetitif.


Daftar Pustaka


[1]  ERP/2.40/Openbravo                  2.x

architecture       description.      2009. http://wiki.openbravo. com/wiki/ERP/2.40/Openbravo_2.x
_architecture_description.   Diakses tanggal 05 Februari 2009.
[2]  Hidayat, M. Taofik. 2007.  Strategi

UKM    dalam    Pemanfaatan    ICT. http://taofik-mm-unpad.blogspot.com/2007/11/strate gi-ukm-dalam-pemanfaatan-ct.html. Diakses tanggal           21        Desember 2009.
[3]  Indrajit,   Richardus   Eko,   Dr Ir.
M.Sc. M.B.A. 2004. Implementasi ERPBerakibat PHK. Ebizzasia. Volume  II,         No.      15.
http://www.ebizzasia.com/0215- 2004/q&a,0215.html.     Diakses
tanggal 12 Januari 2010.





Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "KUSTOMISASI APLIKASI ERP OPEN SOURCE OPENBRAVO UNTUK USAHA KECIL MENENGAH BAGIAN 6 TAMAT"

 
Template By Kunci Dunia
Back To Top