Kumpulan Artikel Tutorial Blog

Blog Berisi Artikel dan Tutorial tentang Blog Operating sistem dan Smarphone

Sm. Powered by Blogger.

Cara Moun hardisk di mint


mount mint


Anda sebagai pemula dalam menggunakan OS Linux sama seperti saya, saya pemula pengguna Ubuntu dan saya sempat bingung kenapa setelah Ubuntu saya update tiba-tiba partisi NTFS tidak terbaca. setelah otak-atik dan cari-cari artikel akhirnya berhasil Mounting harddisk NTFS.

Mounting harddisk NTFS bisa dilakukan dari CLI dengan perintah sebagai berikut :
# mount -t ntfs /dev/sda5 /media/sda5
Perintah di atas dijalankan dengan asumsi bahwa harddisk tersebut terbaca sebagai device dengan alamat /dev/sda5 dengan filesystem NTFS, device ini kemudian akan dimounting ke directory /media/disk1. Sederhana bukan? Namun ada kalanya perintah di atas tidak berjalan seperti yang diharapkan, misalnya hanya termounting sebagai read-only atau bahkan tidak termounting sama sekali. Nah, dalam keadaan seperti ini perlu dilakukan sedikit perubahan perintah, dalam hal ini kita akan menggunakan NTFS-3G sebagai driver dan interface-nya. NTFS-3G merupakan sebuah implementasi cross-platform opensource untuk filesystem proprietary NTFS milik “You Know Who” dengan dukungan read-write. Baris perintahnya adalah sebagai berikut :
# mount -t ntfs-3g /dev/sda5 /media/sda5
Jika dengan perintah di atas HD NTFS tersebut belum bisa termounting, maka perlu ada sedikit pemaksaan. Tambahkan perintah -o force, sehingga hasil akhir perintahnya menjadi :
# mount -t ntfs-3g /dev/sda5 /media/sda5 -o force
Sayangnya cara mounting manual seperti ini akan hilang efeknya ketika mesin yang bersangkutan di-reboot. Supaya konfigurasi ini tetap efektif tanpa mengulang-ulang perintah di atas, maka perlu dilakukan penyuntingan berkas /etc/fstab. Tambahkan baris berikut pada berkas /etc/fstab :
/dev/sda5 /media/sda5 ntfs-3g force 0 0
Percobaan untuk artikel kadaluwarsa ini menggunakan Ubuntu 8.10, di mana NTFS-3G telah terintegrasi di dalamnya. Bagi pengguna distro lain yang tidak menyertakan driver NTFS-3G, silahkan instal driver NTFS-3G terlebih dahulu.
dengan cara :
~$ sudo apt-get install ntfs-3g ntfs-config
Mengatasi masalah dual booting antara windows 8, 10 dengan linux bila linux tidak mau baca hardisk Data ada keterangan seperti dibawah ini

Error mounting /dev/sda7 at /media/viratraaz/Documents: Command-line `mount -t "ntfs" -o "uhelper=udisks2,nodev,nosuid,uid=1000,gid=1000,dmask=0077,fmask=0177" "/dev/sda8" "/media/viratraaz/Documents"' exited with non-zero exit status 14: The disk contains an unclean file system (0, 0).
Metadata kept in Windows cache, refused to mount.
Failed to mount '/dev/sda7': Operation not permitted
The NTFS partition is in an unsafe state. Please resume and shutdown
Windows fully (no hibernation or fast restarting), or mount the volume
read-only with the 'ro' mount option.

maka yang harus di seting bagian power sebagai berikut

ou need to disable Windows fast start-up option.
Open Control Panel -> Energy Settings and select Change what the power buttons do.
Choose Change settings that are currently unavailable, scroll down and uncheck
Turn on fast start-up (recommended).
Restart the computer and you won't have this error anymore.



Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Cara Moun hardisk di mint"

 
Template By Kunci Dunia
Back To Top